Home / News / Kopi Sumatera Berastagi

Kopi Sumatera Berastagi

Posted on 2013-07-04 09:23:16

Buat yang pernah liburan ke Danau Toba pasti tau daerah Berastagi dan pasti yang dibeli buat oleh-oleh jeruk, bukan kopi. Memang daerah Berastagi terkenal sebagai penghasil buah Jeruk di Sumatera Utara, tapi sejak tahun 2007 perkebunan jeruk diserang hama dan masyarakat rugi, ada juga yang jadi kehilangan mata pencahariaan.

Pak Uden salah satu tokoh yang membina kelompok tani di sana akhirnya menyarankan masyarakat sekitar yang kehilangan tanaman jeruknya untuk beralih ke tanaman kopi Arabika, karena harganya yang lebih stabil disbanding komoditi lain. Nah, mulai tahun 2008 para petani jeruk beralih jadi petani kopi dan panen pertama dari kopi Berastagi ini adalah akhir tahun 2012 yang lalu.

Tim Anomali akhirnya mendapat kesempatan untuk cupping kopi ini dan sangat kaget dengan karakter rasanya yang kaya dan unik. Walaupun daerah ini ga terlalu tinggi, tapi bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang balance. Kopi ini strong tapi aftertaste-nya sangat smooth.

Kita seneng banget kopi ini bisa jadi salah satu kopi single origin Anomali. Kopi ini termasuk salah satu kategori kopi ‘fleksibel’. Jadi espresso atau pake manual brew rasa karamelnya tetep dominan. Sebagai gambaran rasa dari kopi ini: Dark chocolate, caramel, high body, low acidity, smooth.

Untuk wilayah Jakarta dan Indonesia kopi ini cuma ada di Anomali Coffee aja lho :P

danau toba, berastagi, single origin, low acidity, smooth, high body, dark chocolate